1. Membangun Latar Belakang
Langkah 1
Membuat dokumen baru ukuran 1800 x 1357 px di Photoshop dengan pengaturan berikut:
Langkah 2
Membuka gambar tanah. Menggunakan Rectangular Marquee Tool (M) untuk memilih hanya area rumput dan memindahkannya ke canvas putih menggunakan Move Tool (V). Menempatkan itu di setengah bagian bawah dari canvas:
Langkah 3
Menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur Radius ke 30 px:
Pilih filter mask dan menggunakan soft round brush dengan warna hitam (soft black brush) untuk menghapus efek blur di latar depan:
Langkah 4
Menuju ke Layer > New Adjustment layer > Hue Saturation dan atur sebagai Clipping Mask. Mengubah nilai Master Saturation, Reds dan Yellows:
Langkah 5
Membuat adjustment layer Curves dan mengurangi pencahayaan. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk memperlihatkan beberapa cahaya pada latar belakang.
Langkah 6
Drag gambar hutan ke dokumen utama kita dan menempatkannya pada setengah bagian atas:
Menggunakan layer mask untuk menghaluskan transisi antara tanah dan hutan:
Langkah 7
Menerapkan Gaussian Blur 12 px pada hutan. Menggunakan soft brush warna hitam pada filter mask untuk mengurangi efek sepanjang transisi antara tanah dan hutan. Berikut adalah hasil pada filter mask dan pada gambar:
Langkah 8
Dalam langkah ini, kita akan membuat bayangan untuk pohon-pohon di hutan. Kita bertujuan untuk membuat sumber cahaya utama datang dari tengah-tengah hutan jadi bayangan pohon harus menjadi lebih terlihat. Buat layer baru dan menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk memilih pohon besar di sebelah kanan (tidak perlu begitu tepat) dan mengisinya (Shift-F5) dengan warna hitam.
Balikkan secara vertikal (Edit > Transform > Flip Vertical) dan memindahkannya di bawah pohon. Menggunakan Free Transform Tool(Control-T) untuk mengubah bayangan agar sesuai dengan arah cahaya:
Menerapkan Gaussian Blur 15 px pada bayangan ini:
Langkah 9
Menggunakan metode yang sama untuk membuat bayangan pohon-pohon lain:
Langkah 10
Membuat adjustment layer Curves di atas layer dan meningkatkan pencahayaan. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk membuat efek cahaya tampak hanya di tengah latar belakang:
Langkah 11
Membuat layer baru dan mengubah mode ke Soft Light 100%. Menggunakan soft brush warna putih untuk melukis cahaya di tengah hutan.
2. Menambahkan Pohon
Langkah 1
Mengisolasi pohon dan menambahkannya ke tengah tanah tersebut. Menggunakan Control-T untuk mengurangi panjang sedikit.
Menggunakan layer mask untuk menghapus tepi keras dan berbaur pohon dengan tanah:
Langkah 2
Menerapkan Gaussian Blur dari 4 px dan menghapus efek blur pada filter mask, meninggalkan hanya terlihat pada kontur pohon agar sesuai dengan kelembutan latar belakang:
Langkah 3
Buat layer baru, mengubah mode ke Overlay 100% dan fill with 50% gray:
Aktifkan Dodge dan Burn Tool (O) dengan Midtones Range, Exposure sekitar 10-15% untuk mencerahkan kontur pohon dan menggelapkan tengah sedikit agar sesuai dengan cahaya dan bayangan latar belakang. Anda dapat melihat cara saya melakukannya dengan mode normal dan hasil dengan mode Overlay:
Langkah 4
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation dan menurunkan nilai Saturation ke -62:
Langkah 5
Membuat adjustment layer Color Balance dan mengubah pengaturan Midtones:
Langkah 6
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menggelapkan pohon. Lukis pada kontur pohon untuk memperlihatkan pencahayaan di sana:
Langkah 7
Buat layer baru dan menggunakan soft brush warna putih dengan opacity rendah (sekitar 15-20%) untuk melukis sepanjang kontur pohon untuk membuat beberapa cahaya kabur di sana.
3. Menambahkan Gerbang dan Hutan Kecil
Langkah 1
Membuka gambar gerbang. Menghapus bagian di dalam gerbang dan menambahkannya ke bagian bawah pohon:
Menggunakan layer mask untuk membaurkan gerbang dengan pohon.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Color Balance dan mengubah nilai Midtones:
Langkah 3
Membuat adjustment layer Curves dan mengubah pencahayaan pada gerbang agar sesuai dengan pohon. Menghapus bagian bawah seperti ditunjukkan pada gambar di bawah karena kita bertujuan untuk menambah sumber cahaya lain di sana:
Langkah 4
Duplikasi layer hutan dan membuatnya lebih kecil. Atur layer ini di bawah layer gerbang dan yang di atas pohon.
Menggunakan layer mask untuk menghilangkan bagian hutan di luar gerbang.
Langkah 5
Membuat adjustment layer Curves untuk meningkatkan cahaya dan embun hutan kecil ini:
4. Menambahkan Jalan Setapak
Langkah 1
Memilih jalan setapak dari gambar asli dan menempatkannya di latar depan. Menggunakan Control-T dengan mode Warp untuk melengkungkan jalan setapak sedikit.
Langkah 2
Menghilangkan tepi pada jalan setapak menggunakan layer mask:
Langkah 3
Duplikasi layer ini dua kali dan mengecilkan ukuran mereka. Mengatur mereka di dalam pintu gerbang dan hutan kecil. Semakin jauh mereka, seharusnya semakin kecil .
Langkah 4
Pilih semua layer jalan setapak dan tekan Control-G untuk membuat grup untuk mereka. Mengubah grup mode ke Normal 100%. Buat layer baru dan menggunakan Clone Tool (S) untuk menghapus tanaman yang tidak diinginkan terlihat pada langkah dari jalan setapak.
Langkah 5
Menggunakan adjustment layer Color Balance untuk mencocokkan warna jalan setapak dengan adegan.
Langkah 6
Membuat adjustment layer Curves untuk menggelapkan jalan setapak yang terlalu terang jika dibandingkan dengan latar belakang pada saat ini. Melukis di atas jalan setapak (bagian di dalam gerbang dan hutan kecil) agar tidak mengubah pencahayaan.
Langkah 7
Menambahkan adjustment layer Curves untuk meningkatkan cahaya kabur dari bagian atas jalan setapak. Menghapus sisanya untuk membuatnya masih gelap.
5. Menambahkan Anak
Langkah 1
Memotong gambar anak dan menempatkannya pada langkah di mana kita hapus tanaman yang tidak diinginkan.
Langkah 2
Buat layer baru di bawah layer anak dan menggunakan medium-soft brush warna hitam dengan opacity rendah (20%) untuk melukis bayangan untuknya. Anak jauh dari dua sumber cahaya sehingga bayangan harus sangat ringan dan lembut.
Langkah 3
Menambahkan adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi nilai Saturation ke -38:
Langkah 4
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menggelapkan anak. Lukis pada bagian-bagian yang menuju cahaya (depan) dan menjaga yang lain gelap.
0 komentar:
Posting Komentar