Pasar

Pasar

Khasiat Buah Tomat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan


Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum), tumbuhan dan tanaman dari keluarga Solanaceae, yang memiliki nama tomat ini pernah menjadi bahan perdebatan sengit, dikatakan sengit karena si bulat merah ini sampai pernah berujung di pengadilan. Mahkamah Agung Amerika Serikat, hanya karena memperdebatkan tomat ini termasuk dalam jenis buah-buahan atau sayuran.
Tomat, Si Merah yang Kaya Manfaat dan Khasiatnya
Saya sendiri mendefinisikan  tomat itu termasuk kedalam jenis buah dan sayuran karena tomat memiliki biji di dalamnya sama halnya dengan buah-buahan lainnya, tomat juga bisa dikatakan sebagai jenis sayuran karena tomat memiliki rasa gurih sama halanya dengan sayuran.

Tomat yang berbentuk bulat dan berwarna merah ini juga diperdebatkan pertumbuhannya, apakah tomat termasuk tanaman atau tumbuhan? Menurut saya sendiri Tomat adalah tumbuhan dan tanaman yang bisa tumbuh dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia (Tumbuhan), dan tomat juga bisa tumbuh dengan campur tangan manusia (Tanaman). Jadi buah dan sayuran bernama tomat ini juga termasuk tamanan dan tumbuhan juga.
Tomat merupakan spesies tumbuhan dan tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan dari Meksiko sampai Peru. Walaupun sejarah tomat sempat menjadi perdebatan sengit, namun siklus hidup tomat tak sesengit dengan namanya. Pasalanya tomat ini termasuk tanaman semusim (berumur pendek), mereka hanya satu kali produksi dan setelah itu mati.
Tomat dikonsumsi dengan berbagai cara, termasuk baku, sebagai bahan dalam banyak masakan, saus, salad, dan minuman. Sementara tomat botanikal, mereka dianggap sayuran kuliner, dan menjadi bahan makanan gurih.

PROFILE NUTRISI TOMAT

Tomat kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K, tembaga, mangan, Serat, vitamin B6, vitamin B3, folat, fosfor,  vitamin B, Vitamin E, magnesium, kromium, besi, zinc, kolin, asam pantotenat, protein dan kalium.
Tomat memberikan jumlah yang sangat baik dari vitamin C dan beta-karoten; jumlah yang sangat baik juga ada pada kandungan mangan, mineral, dan vitamin E.
Nutrisi tertentu (antioksidan) yang ditemukan dalam tomat, ekstrak tomat utuh, dan asupan makanan secara keseluruhan tomat semuanya telah dikaitkan dengan senyawa antioksidan. Kadang-kadang perlindungan ini datang dalam bentuk mengurangi peroksidasi lipid (kerusakan oksigen ke lemak dalam membran sel atau dalam aliran darah).
Kadang-kadang perlindungan ini datang dalam bentuk fungsi yang lebih baik dari enzim antioksidan (misalnya, fungsi yang lebih baik dari enzim katalase atau dismustase superoksida). perlindungan antioksidan juga telah ditunjukkan menggunakan pengukuran luas dari memerangi efek stres oksidatif dalam sistem tubuh yang berbeda.
Tomat telah lama diteliti kemampuannya dalam mengurangi risiko penyakit jantung, dan terbukti bahwa manfaat kesehatan tomat benar-benar unggul.

MANFAAT DAN KHASIAT MENGKONSUMSI TOMAT UNTUK KESEHATAN

Tomat berwarna merah dan bulat selain sebagai pelengkap rasa dan warna untuk hampir setiap hidangan di berbagai negara di dunia. Tomat yang dikemas dengan banyak manfaat kesehatan ini diketahui mengandung berbagai nutrisi penting yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut adalah daftar manfaat dan khasiat mengkonsumsi tomat untuk kesehatan.

MANFAAT TOMAT UNTUK KESEHATAN MATA

Tomat yang dikemas dengan karotenoid, termasuk lycopene, yang membantu memberikan tomat warna merah cerah. Penelitian menunjukkan bahwa lycopen yang  hadir dalam jaringan mata membantu mencegah kerusakan mata.

NUTRISI DALAM TOMAT YANG BAIK UNTUK PENGLIHATAN

  • Lycopene (senyawa yang hadir dalam tomat) memberikan warna merah pada buah memainkan peran penting dalam melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya dari matahari dan cahaya berenergi tinggi.
  • Vitamin E dalam tomat membantu dalam menjaga penglihatan yang baik, mencegah kerusakan retina (lapisan dalam mata)
  • Kehadiran nutrisi lain seperti folat dan beta-karoten dalam tomat membantu dalam pencegahan kebutaan malam bersama dengan meningkatkan pengelihatan.
Tomat juga sumber yang sangat baik dari vitamin C, yang juga memiliki kemampuan sebagai pelindung penglihatan mata, mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di kemudian hari.
Tomat dapat dikonsumsi mentah atau dalam bentuk sup karena mereka mengerahkan efek yang sama dalam menjaga kesehatan mata.

KHASIAT TOMAT MEMBANTU MENCEGAH BEBERAPA JENIS KANKER

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat tinggi lycopene dalam tomat bekerja untuk mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan kanker prostat, kolorektal dan kanker perut. Lycopene adalah antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

MANFAAT TOMAT MEMBANTU MENJAGA TULANG YANG KUAT

Tomat mengandung sejumlah besar kalsium dan vitamin K. Kedua nutrisi ini sangat penting dalam memperkuat dan melakukan perbaikan kecil pada tulang serta jaringan tulang.

MANFAAT TOMAT MEMBANTU MEMPERBAIKI KERUSAKAN YANG DISEBABKAN OLEH MEROKOK

Makan tomat bukanlah mode terbaru untuk membantu Anda berhenti merokok. Namun, tomat dapat mengurangi jumlah kerusakan dalam tubuh yang disebabkan oleh rokok. Tomat mengandung asam coumaric dan asam chlorogenic yang bekerja untuk melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan dari asap rokok.

MANFAAT TOMAT TINGGI KANDUNGAN ANTIOKSIDAN PENTING

Tomat mengandung banyak Vitamin A dan Vitamin C. Hal ini terutama karena vitamin ini bekerja sama dengan beta-karoten sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas berbahaya dalam darah. Karena radikal bebas dalam aliran darah sangat berbahaya, dan dapat menyebabkan kerusakan sel.

KHASIAT TOMAT UNTUK KESHATAN JANTUNG

Karena tomat mengandung Vitamin B dan kalium, mereka efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, dengan memasukkan tomat dalam diet yang seimbang Anda biasa secara efektif mencegah serangan jantung, stroke serta banyak masalah terkait jantung yang dapat mengancam hidup Anda.
Tomat untuk kesehatan ginjal.
Menambahkan tomat tanpa biji untuk diet Anda telah terbukti dalam beberapa studi untuk mengurangi risiko batu ginjal.

MANFAAT DAN KHASIAT TOMAT UNTUK KESEHATAN KULIT DAN RAMBUT

Tomat yang dikemas dengan berbagai nutrisi berharga tak hanya menawarkan manfaat dan khasiat yang telah disebutkan diatas. Tomat juga memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Berikut adalah manfaat dan khasiat Tomat untuk kecantikan kulit dan kesehatan rambut.

TOMAT UNTUK RAMBUT

Vitamin A dalam tomat bekerja dengan sempurna untuk menjaga rambut Anda tetap berkilau dan kuat. Selain itu, tomat juga melakukan keajaiban untuk mata Anda, kulit, tulang dan gigi.

TOMAT KULIT

Tomat mengandung tingkat tinggi lycopene, yang merupakan zat yang digunakan dalam beberapa pembersih wajah. Jika Anda ingin mencoba tomat untuk perawatan kulit, Anda harus mulai menggunakan tomat, untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

MANFAAT TOMAT MEMPERLAMBAT PENUAAN KULIT

Menurut para peneliti di Universitas Newcastle dan Manchester tomat bisa menjadi senjata baru dalam memerangi efek penuaan yang disebabkan oleh radiasi UV. Studi yang dipresentasikan di British Society for Investigative Dermatology, mengungkapkan makan pasta tomat bisa membantu melindungi terhadap kulit terbakar dan tanda-tanda penuaan.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html