Pasar

Pasar

Khasiat Bawang Putih dan Efek Sampingnya


Bawang putih manfaat dan khasiatnya, mengapa begitu sering dianggap sebagai ramuan sehat yang hebat? Meski bawang putih memiliki bau yang menyengat, manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan, karena ia memiliki senyawa kimia penting yang merupakan bahan terapeutik berkualitas yang luar biasa untuk obat.
Senyawa yang ada pada bawang putih tersebut, memberi bahan ramuan ini rasa pedas dan bau aneh. Khasiat dan manfaat bawang putih untuk kesehatan, tidak terhitung banyaknya.
Ini membantu untuk melawan penyakit jantung, melawan flu, batuk, obat sakit tenggorokan, mencegah pembekuan darah, mencegah kanker, membantu dalam perlawanan infeksi, mengobati sakit gigi, obat penghilang kutil, mencegah hepatitis/liver, mencegah alzheimer, menurunkan kolesterol, cegah diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya.
Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih juga berkhasiat untuk kecantikan. Kegunaan bawang putih untuk kacantikan karena ia memiliki kemampuan untuk mengobati jerawat, menyehatkan kulit dan rambut, mengurangi rambut rontok, melawan ketombe, anti-penuaan, kurangi uban, dan memperkuat kuku.
Walaupun, bawang putih memiliki begitu banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi, ketahuilah, bahwa bawang putih juga memiliki efek samping tertentu. Jadi teruslah membaca artikel bugarfit.com ini, untuk mengetahui lebih lengkap, tentang manfaat bawang putih dan efek sampingnya untuk kesehatan.

APA ITU BAWANG PUTIH?

Bawang putih – (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah sejenis tanaman dalam keluarga genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Bawang putih, mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama ditanam di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik untuk sifat campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Ini adalah tanaman yang memiliki kandungan tinggi dalam senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. dan diyakini membawa sebagian besar manfaat kesehatan.
Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

NAMA LOKAL DARI BAWANG PUTIH DI DUNIA

Knoblauch (Jerman), Саримсаг (Mongolia), Toon (Somalia), Czosnek pospolity (Polandia), Hudhra (Albania), Brijeg luk (Bosnia), Ahos (Cebuano), Küüslauk (Estonia), Skordo (Yunani), Yunani (Irlandia), kallik / maneul (Korea), Lasun (Nepali), Alho (Portugis), Ajo (Spanyol), Саримсоқ (Uzbek), FWM (Arab), Česnov luk (Bulgaria ), Da suan (Cina), Bawang (Filipina), Aglio (Italia), Hvitløk (Norwegia), Krathiam (Thailand), Cay toi (Vietnam), Bawang Bodas (Sunda), Krak-angsa-hpru (Burma), Ninniku (Jepang), Usturoi ( Rumania), Sudu Luunu (Sinhala), ខ្ទឹមស / Khah Teum (Khah Teum), Česnek (Czech), Ail (Perancis), Chesnok (Rusia), Sarımsak (Turki), Vitlok (Swedia), Fokhagyma (Hungaria), Hvidløg ( Denmark), Bawang putih (Melayu), sȳr (Persia), 大蒜 (Taiwan), Часник (Ukraina), Garlic (English), Lehsan / Lasun (Hindi), Poondu / Vellaipoondu (Tamil), Veluthulli / Vellulli (Malayalam), Vellulli / Vellipaaya (Telugu), Bellulli (Kannada), Rasoon / Rashun (Bengali), Lasan (Gujarati), Lahsun / Losan (Konkani), Lasun / Lusson (Marathi), Rasuna (Oriya), Lassan / Lahsun (Punjabi), Bollulli (Tulu), Ruhan (Kashmiri),Lassun / Leshun (Urudu).
Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

KANDUNGAN BAWANG PUTIH

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih ialah sulfur, Allicin, ditemukan di bawang putih, tanaman ini juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, dan beberapa klaim mengejutkan menyebutkan bahwa itu dapat membantu mencegah beberapa bentuk kanker.
Kandungan Bawang Putih Setiap 100 gram: 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein. Selain itu, bawang putih juga diperkaya dengan Vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.
Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat dan membuat sebagian orang tidak menyukainya. Namun, tanaman ini sejak laman telah digunakan dan dipercayai mampu mengatasi berbagai jenis penyakit.

MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN

Bawang putih sangat dihargai karena sifat-sifatnya yang bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan yang masih diikuti dalam banyak kebudayaan sampai dengan hari ini. Di dalam bawang putih terkandung lebih dari 100 bahan kimia biologis yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kandungan Antioksidan pada bawang putih juga mengandung antivirus, antibakteri dan juga antijamur.
Kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih memberikan sifat antibiotik, membantu menjaga sistem pencernaan menjadi bersih dengan membilas racun. Bawang putih menghasilkan zat kimia yang disebut allicin. Ini yang tampaknya membuat tanaman bawang putih memiliki beragam khasiat untuk kondisi tertentu.
Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain. Khasiat bawang putih bisa didapatkan tidak hanya dengan cara dimasak atau direbus saja, bahkan bawang putih dapat juga digunakan sebagai:

OBAT SAKIT TENGGOROKAN

Bawang putih dianggap sebagai ramuan untuk obat sakit tenggorokan, karena memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang ada pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan.
Bawang putih dapat membantu Anda menyingkirkan radang tenggorokan dan gejala menjengkelkan disebabkan oleh infeksi bakteri. Radang tenggorokan menyebabkan nyeri, tenggorokan gatal, sering disertai dengan demam. Anda mungkin memiliki bintik-bintik merah pada langit-langit mulut, dan amandel Anda mungkin membengkak.
Gejala radang tenggorokan yang lebih parah daripada gejala yang berhubungan dengan jenis lain dari infeksi bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Rasa sakit Anda tidak akan bertahan lebih lama setelah mengkonsumsi bawang putih.
Jika kita mengalami gatal pada tenggorokan, kita bisa menguyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.

MENCEGAH PEMBEKUAN DARAH

Bawang putih juga bekerja sebagai pengencer darah atau anti-trombotik, sehingga mencegah pembekuan darah pada pasien yang berisiko untuk pembekuan. Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah. Untuk pasien yang sedang dalam terapi anti-trombotik harus berbicara dengan dokter mereka sebelum mengambil bawang putih.

MENCEGAH KANKER

Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.
Beberapa studi menunjukkan hubungan antara peningkatan asupan bawang putih dan mengurangi risiko kanker tertentu yang disebutkan diatas, studi dari kelompok penduduk yang menyelidiki penyebab, kejadian, atau penyebaran penyakit atau menguji pengaruh intervensi yang berhubungan dengan kesehatan, asupan makanan dan gizi, atau paparan lingkungan. Sebuah analisis data dari tujuh studi populasi menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah ataupun dimasak, dikaitkan dengan penurunan risiko perut dan kanker kolorektal.
Studi multinasional yang melibatkan pria dan wanita dari 10 negara yang berbeda. Penelitian ini menyelidiki dampak gizi pada kanker. Dalam studi tersebut, asupan bawang merah dan bawang putih dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus[European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC)].
Studi juga menyelidiki apakah diet, distribusi lemak tubuh, dan lainnya terkait faktor risiko dengan kejadian kanker pada wanita yang lebih tua. Temuan dari penelitian ini menunjukkan hubungan yang kuat antara konsumsi bawang putih dan risiko kanker usus besar. Wanita yang mengkonsumsi bawang putih memiliki risiko 50 persen lebih rendah dari kanker distal usus dibandingkan dengan wanita yang memiliki tingkat terendah konsumsi bawang putih (Iowa Women’s).
Beberapa studi populasi yang dilakukan di Cina yang berpusat pada konsumsi bawang putih dan risiko kanker. Dalam satu studi, peneliti menemukan bahwa konsumsi sering bawang putih dan berbagai jenis bawang dan daun bawang dikaitkan dengan penurunan risiko esofagus dan lambung.
Demikian pula, dalam studi lain, konsumsi sayuran allium, terutama bawang putih dan bawang, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker perut. Dalam sebuah penelitian ketiga, asupan dari sayuran allium, terutama bawang putih dan daun bawang, dikaitkan dengan pengurangan risiko sekitar 50 persen di kanker prostat.
Sebuah studi yang dilakukan di wilayah San Francisco Bay menemukan bahwa risiko kanker pankreas adalah 54 persen lebih rendah pada orang yang makan bawang putih dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Selain itu, sebuah studi di Prancis menemukan bahwa peningkatan konsumsi bawang putih dikaitkan dengan secara signifikan statistik penurunan risiko kanker payudara.
The National Cancer Institute , bagian dari National Institutes of Health , tidak merekomendasikan suplemen diet untuk pencegahan kanker, tetapi mengakui bawang putih sebagai salah satu dari beberapa sayuran dengan sifat antikanker yang potensial. Karena semua persiapan bawang putih tidak sama, sulit untuk menentukan jumlah yang tepat dari bawang putih yang mungkin diperlukan untuk mengurangi risiko kanker. Selain itu, senyawa aktif hadir dalam bawang putih dapat kehilangan efektivitas mereka dengan waktu, penanganan, dan pengolahan.
MEMBANTU DALAM PERLAWANAN INFEKSI
Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.
Kemampuan bawang putih dalam melawan infeksi dikonfirmasi dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Ottawa yang diterbitkan Phytotherapy Research April 2005. Peneliti menguji 19 produk kesehatan alami yang mengandung bawang putih dan lima ekstrak bawang putih segar untuk senyawa aktif dan aktivitas antimikroba.
Mereka menguji efektivitas zat ini terhadap tiga jenis bakteri yang umum: E. faecalis, yang menyebabkan infeksi saluran kemih ; N. gonorrhoeae, yang menyebabkan penyakit menular s*ksual gonore ; dan S. aureus, yang bertanggung jawab untuk berbagai jenis infeksi yang umum. Produk yang paling sukses membasmi bakteri ini adalah orang-orang dengan kandungan allicin tertinggi.
Studi, diterbitkan dalam “Applied and Experimental Microbiology” 2011, Bawang putih digunakan sebagai berbagai teknik biokimia untuk memeriksa bagaimana beberapa senyawa dalam bawang putih berinteraksi dengan bakteri dan menemukan bahwa bawang putih efektif terhadap bakteri C, jejeuni.
Studi lain yang dipublikasikan dalam “Journal of Medicinal Food,” menemukan bahwa allicin mampu membunuh beberapa patogen bakteri mulut, seperti S. mutans dan P. gingivalis.
Mengurangi tingkat gula darah (Diabetes)
Bawang putih memiliki potensi untuk mengurangi kadar tinggi glukosa darah dan kadar trigliserida. Hal ini meningkatkan kadar insulin pada penderita diabetes, sehingga dapat membantu penderita diabetes.
Walaupun, bukti awal menggoda menunjukkan bahwa bawang putih mungkin efektif dalam menurunkan kadar gula darah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Acta Diabetologica.” edisi Maret 2008. Dalam percobaan kecil, mereka mengumpulkan 60 pasien dengan diabetes tipe 2, subyek penelitian menerima suplemen bawang putih yang disebut Allicor, yang berisi 150 mg bawang putih, kemudian membandingkan dengan kelompok kontrol yang mengambil plasebo, pasien yang memakai Allicor memiliki tingkat signifikan lebih rendah dari glukosa dan fruktosamin, indikator lain dari gula darah.
Hasil campuran: Meskipun hasil yang menjanjikan dari penelitian di tahun 2008 yang didokumentasikan dalam “Acta Diabetologica,” Namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian terkait efektivitas bawang putih untuk menurunkan gula darah masih diperlukan.
Banyak penelitian lain telah menemukan bahwa bawang putih tidak efektif dalam menurunkan gula darah, laporan review skala besar penelitian bawang putih yang diterbitkan pada Mei 2001 oleh Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan (Healthcare Research and Quality). Penelitian tambahan diperlukan, khususnya mengenai bahan aktif utama dalam bawang putih dan tindakan mekanisme yang tepat pada tubuh manusia.

MANFAAT LAIN UNTUK PENDERITA DIABETES

Bawang putih dapat memberikan manfaat lain bagi penderita diabetes. Selain menurunkan kadar gula darah, bawang putih juga dapat membantu mengendalikan faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap diabetes, termasuk kadar kolesterol dan lemak dalam darah, yang dikenal sebagai trigliserida. Banyak penelitian lain telah menemukan bahwa bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol, menunjukkan bahwa efek itu nyata dan dapat diverifikasi, menurut Healthcare Research and Quality report.
Pasien diabetes juga sering mengembangkan aspek-aspek lain dari penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah, atau aterosklerosis. suplemen bawang putih mungkin efektif dalam menurunkan tekanan darah serta memperlambat perkembangan aterosklerosis, yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari orang-orang dengan diabetes.

MENGOBATI SAKIT GIGI

Sakit gigi menyebabkan rasa sakit dan kadang-kadang menciptakan sebuah rongga. Menurut Suresh Babu, penulis “A Treatise on Home remedies,” Anda bisa meredakan sakit gigi dengan menerapkan bawang putih untuk gigi bermasalah. Bawang putih telah lama digunakan untuk sifat obat sakit gigi, karena sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi, mengurangi rasa sakit. Bawang putih, mungkin bertindak sebagai anti-inflamasi. Untuk penggunaan obat sakit gigi, berbahan dasar bawang putih cukup dengan siapkan dua siung bawang putih segar, dihaluskan hingga berbentuk pasta, lalu terapkan pada gigi yang bermasalah.

OBAT PENGHILANG KUTIL

Bawang putih telah dikonsumsi sebagai makanan dan obat-obatan selama ribuan tahun dan dipercayai efektif untuk penyembuhan penyekit tertentu. Dalam beberapa kali, ditemukan bahwa sifat antimikroba yang kuat dari bawang putih adalah karena allicin kompleks, yang dapat membunuh berbagai patogen, termasuk virus, yang menyebabkan kutil.
Menurut “Human Biochemistry and Disease.” kandungan manfaat bawang putih yaitu Allicin dapat membunuh spektrum yang luas dari virus, termasuk HPV, meskipun tidak seperti banyak obat antivirus dan antibiotik, itu tidak menghancurkan koloni bakteri menguntungkan dalam usus. Senyawa lain dalam bawang putih merangsang fungsi dalam hati dan usus besar, yang meningkatkan detoksifikasi umum dalam tubuh, yang bermanfaat selama infeksi apapun.

CARA MENGOBATI KUTIL DENGAN BAWANG PUTIH

Caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam dan anda akan terbebas dari kutil.
Menurut “Medical Herbalism: Prinsip Ilmu dan Praktik Kedokteran Herbal,” rekomendasi umum termasuk menerapkan bawang putih tiga kali sehari selama setidaknya satu minggu, atau sampai kutil mulai mengerut dan kering. Meskipun mungkin lebih memakan waktu, siung bawang putih bisa dimakan atau kapsul bawang putih dapat diambil secara lisan, yang memungkinkan allicin untuk memasuki aliran darah dan bertindak sebagai antivirus sistemik.

MENCEGAH DAN MEMULIHKAN KERUSAKAN HATI (HEPATITIS/LIVER)

Peradangan hati atau lebih dikenal dengan nama hepatitis dapat menyebabkan kematian. Hepatitis adalah proses peradangan pada jaringan hati. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama sakit liver atau sakit kuning. Meski demikian, istilah sakit kuning ini dapat menimbulkan kebingungan karena tidak semua sakit kuning disebabkan oleh radang hati.
Dari sekian banyak faktor, virus yang menduduki peringkat pertama sebagai penyebab paling banyak penyakit hepatitis. Yang lainnya bisa disebabkan oleh bakteri, parasit, obat-obatan, bahan kimia yang merusak hati, alkohol, cacing, atau juga gizi yang buruk.
Bahan-bahan tanaman obat untuk membantu proses perbaikan fungsi hati biasanya bersifat hepatoprotektif. Bawang putih dapat mencegah dan memulihkan kerusakan hati. Bawang putih adalah tambahan potensi untuk perawatan medis konvensional jika Anda memiliki kerusakan hati. Berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu tentang obat herbal yang cocok untuk Anda.
Menurut Ilmuwan Perancis Louis Pasteur pada tahun 1858 bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi, menurut dokter Deepak Chopra, MD, penulis “The Chopra Center Herbal Handbook.” Bawang putih, atau Allium sativum, memiliki lebih dari 200 kandungan kimia dan telah menjadi subyek dari ribuan penelitian. Ini telah menunjukkan kapasitas untuk mengobati penyakit jantung dan untuk memerangi patogen seperti bakteri dan virus. Bawang putih juga telah diteliti untuk potensinya sebagai pengobatan anti-bakteri Helicobacter pylori, bakteri yang menyebabkan peradangan kronis pada lapisan dalam perut (gastritis) pada manusia. Bakteri ini juga dianggap sebagai penyebab umum dari borok di seluruh dunia.
Liver, atau peradangan pada jaringan hati, ialah penyakit yang mengacu pada masalah medis yang menyebabkan fungsi hati berkurang. Menurut Hepatitis B Foundation, hati menjadi disfungsional ketika 75 persen dari jaringan yang terganggu. Ahli biologi mengkategorikan baik hati sebagai kelenjar dan organ, dan itu adalah organ padat terbesar tubuh. Di antara penyebab kerusakan hati adalah penyalahgunaan alkohol, infeksi virus seperti hepatitis dan penyakit genetik.
Studi yang dipublikasikan “Indian Journal of Experimental Biology”, 2011. Para peneliti memberi makan tikus senyawa timbal selama tujuh hari dan kemudian diukur jumlah luka hati yang diinduksi. Mereka kemudian memberi tikus ekstrak air bawang putih segar, yang mengurangi jumlah kerusakan hati. Mereka berteori bahwa ini adalah karena kemampuan antioksidan bawang putih. Antioksidan memburu dan menonaktifkan molekul oksigen tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel. Dalam penelitian hewan lain, ilmuwan menggunakan alkohol untuk menginduksi kerusakan hati pada tikus dan kemudian memberi mereka ekstrak bawang putih hitam, yang meningkat antioksidan enzim hati. Hal ini juga mengurangi kerusakan DNA pada sel-sel darah putih yang disebut kekebalan limfosit, seperti yang diterbitkan “Journal of Medicinal Food.” 2011. Penelitian lebih manusia harus diselesaikan sebelum bawang putih dapat direkomendasikan sebagai terapi untuk penyakit hati.

CEGAH ALZHEIMER

Manfaat Bawang putih untuk kesehatan dari makan bawang putih telah dikenal baik. Penelitian, yang dilakukan di University of Missouri, ditemukan bahwa karbohidrat yang ditemukan dalam bawang putih adalah kunci untuk klasifikasi sebagai “makanan super.” Para ilmuwan menemukan cara yang berbeda mengenai manfaat bawang putih untuk tubuh manusia. Penelitian terkait, menunjukan bahwa bawang putih dapat menghambat kerusakan sel otak yang disebabkan oleh stres. Sehingga Bawang putih tidak hanya membantu memperlambat proses penuaan, tetapi juga bisa menjadi efektif untuk mencegah penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

MENGURANGI RISIKO SERANGAN JANTUNG

Risiko terkena serangan jantung dapat dikurangi dengan bawang putih karena sebuah penelitian dari Los Angeles Biomedical Research Institute di Harbor-UCLA Medical Center menemukan bahwa ekstrak bawang putih bisa mengurangi penumpukan plak berbahaya di arteri. Hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini diklaim membantu untuk mencegah perkembangan penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia.Menurut, Dr. Matthew Budoff mengatakan, studi yang dilakukannya tersebut meruapakn demonstrasi lain dari manfaat suplemen bawang putih dalam mengurangi akumulasi plak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

MENURUNKAN KOLESTEROL

Meskipun hanya dalam jangka yang pendek, dengan konsumsi secara wajar, bawang putih dapat menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya, mampu mencegah kerusakan akibat radikal pada lapisan arteri.

MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KECANTIKAN

MEMBANTU MENGOBATI JERAWAT

Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Meski demikian, kita tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

MELINDUNGI KULIT DAN RAMBUT

Sifat menyegarkan bawang putih melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit yang menua. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk infeksi jamur seperti kaki atlet dan kurap.

MENGURANGI RAMBUT RONTOK

Kehadiran allicin dalam bawang putih membuatnya menjadi obat yang sempurna untuk rambut rontok . Menggosok irisan siung bawang putih pada kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menyingkirkan rambut rontok. Selain itu, rendam beberapa potong bawang putih dalam minyak zaitun selama seminggu. Gunakan minyak ini untuk rambut sembari dipijat untuk hasil yang efektif.

ANTI-KETOMBE

Ketombe adalah masalah yang sangat umum.  Manfaat bawang putih untuk ketombe karena bahan obat ini mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur, yang bekerja dengan baik untuk mengobati kulit kepala gatal dan ketombe berlebihan . Terlepas dari ini, komponen sulfur dalam bawang putih mencegah infeksi dan mengurangi keparahan ketombe.

ANTI-PENUAAN

Manfaat bawang putih dikemas dengan kelimpahan antioksidan, yang berkhasiat dalam memerangi radikal bebas dalam kulit dan menjaga kulit dan lebih muda. Konsumsi bawang putih menghasilkan kolagen, yang mengurangi keriput. Penggunaanya dijadikan sebagai masker untuk mencegah penuaan dini.

KURANGI UBAN

Manfaat bawang putih untuk kurangi uban bisa di tempuh dengan cara yang sederhana. Cukup panaskan 3-4 siung bawang putih dengan minyak kelapa dan segar lada hitam membumi. Biarkan dingin dan menerapkan pada rambut basah sebagai masker. Diamkan selama 20 menit dan kemudian cuci rambut Anda seperti biasa.

MEMPERKUAT KUKU

Kuku mudah bisa terkena infeksi mengakibatkan kuku berwarna kusam dan kuning.  Manfaat bawang putih untuk memperkuat kuku karena ia memiliki sifat anti-jamur yang tidak hanya mencegah, tetapi juga melindungi kuku dari infeksi. Rendam bola kapas ke dalam jus bawang putih dan aplikasikan ke kutikula.

PERINGATAN: WASPADA EFEK SAMPING

Bawang putih kemungkinan aman bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Bawang putih telah digunakan dengan aman dalam penelitian hingga 7 tahun. Meskipun bawang putih telah digunakan secara aman dalam memasak, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping.
Ketika dikonsumsi, bawang putih dapat menyebabkan bau mulut, sensasi terbakar di mulut atau perut, mulas, gas, mual, muntah, bau badan, dan diare.
Efek samping sering lebih buruk dengan bawang putih mentah. Bawang putih juga dapat meningkatkan risiko perdarahan. Ada laporan dari pendarahan setelah operasi pada orang yang telah mengambil bawang putih.
Pasien Asma seharusnya tidak mengkonsumsi bawang putih karena dapat memiliki efek samping.

KEHAMILAN DAN MENYUSUI:

Bawang putih adalah kemungkinan aman untuk digunakan selama kehamilan ketika diambil dalam jumlah yang biasanya ditemukan dalam makanan. Bawang putih mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah obat selama kehamilan dan saat menyusui. Tidak ada informasi yang dapat dipercaya cukup tentang keselamatan menerapkan bawang putih pada kulit jika Anda sedang hamil atau menyusui. disarankan sebelum menggunakan bawang putih, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

GANGGUAN PERDARAHAN:

Bawang putih, terutama bawang putih segar, dapat meningkatkan risiko perdarahan.

MASALAH PERUT ATAU PENCERNAAN:

Bawang putih dapat mengiritasi saluran pencernaan (GI) saluran. Gunakan dengan hati-hati jika Anda memiliki masalah perut atau pencernaan.

TEKANAN DARAH RENDAH:

Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Secara teori, mengambil bawang putih mungkin bisa membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah pada orang dengan tekanan darah rendah.
Bedah: Bawang putih mungkin memperpanjang perdarahan dan mengganggu tekanan darah. Berhenti mengambil bawang putih setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.
Disarankan sebelum menggunakan bawang putih untuk pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, untuk memastikan kandungan yang ada pada bawang putih tidak berdampak buruk pada masalah kesehatan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html