Pasar

Pasar

Kandungan dan Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil


Apa manfaat buah alpukat untuk diet ? Alpukat baik juga bagi ibu hamil ? Selain dapat menurunkan berat badan juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan diet.
Banyak orang yang takut untuk mengkonsumsi buah alpukat, hal ini dikarenakan dengan alasan buah alpukat dapat menyebabkan kegemukan karena mengandung lemak. Padahal ungkapan itu tidak tepat karena kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat bukan lemak jenuh yang dapat menyebabkan kegemukan, tetapi lemak yang terdapat pada kandungan buah alpukat merupakan kandungan lemak tak jenuh yang justru dapat membantu dalam menurunkan berat badan sehingga sangat cocok jika dikonsumsi dengan menjalankan program diet. Maka dari itu, diet dengan di damping mengkonsumsi buah alpukat meupakan cara paling efektif dalam menurunkan berat badan.

Selain dapat menurunkan berat badan juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan diet, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat diantaranya yaitu :
Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat diantaranya yaitu :
  1. Protein
Di dalam kandunganuah alpukat terdapat 18 asam amino esensial, kandungan tersebut sangat dipelukan oleh tubuh untuk membentuk protein lengkap. Selain itu, protein yang terdapat pada buah alpukat sangat mudah untuk di cerna sehingga tidak akan menyebabkan susah buang air besar.
  1. Lemak sehat
Buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Serta dapat mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan sel akibat dari radikal bebas dan yang penting untuk diketahui bahwa kolesterol baik dapat menurunkan berat badan karena mengandung MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid).
  1. Karotenoid
Buah alpukat adalah sumber terbaik dari karotenoid dn phytonutrient. Dari setiap 100 gram buah alpukat mengandung 165 mikrogram karoten dan 300-400 UI vitamin A, selain itu buah alpukat juga mengandung berbagai jenis karotenoid seperti beta-karoten, alfa-karoten dan juga lutein. Sedangkan phytonutrient terdiri dari neoxanthin, zeaxantin, chrisanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin. Pada saat anda mengkonsumsi buah alpukat tubuh anda akan mendapatkan asupan vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata, selain itu karotenoid juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi system reproduksi.
  1. Anti inflamasi
Di dalam kandungan buah alpukat juga terdapat efek kombinasi dari nutrisi yang dapat bermanfaat sebagai anti-inflamasi (anti peradangan), selain itu juga terdapat kombinasi yang sangat unik pada buah sirsak yaitu vitamin A, C dan E, karotenoid, selenium, , seng, pitosterol, dan omega 3 yang dapat membantu mengatasi peradangan.
  1. Serat
Di dalam kandungan buah alpukat mengandung serat yang dapat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan, untuk itu sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki masalah dengan saluran pencernaan karena serat dalam buah alpukat sangat tinggi sekitar 1,6 gram/100 g di bandingkan dengankandungan serat pada buah dan sayuran lainnya.
  1. Dapat menstabilkan gula darah
Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin setiap hari dapat bermanfaat dalam menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah, walaupun dalam menjalankan program diet setiap hari.
Caranya yaitu dengan mengkonsumsi alpukat dengan cara dihaluskan, anda dapat menambahkan pada sandwich untuk menggantikan mayonnaise ataupun mentega.
  1. Dapat melindungi janin
Buah alpukat merupakan jenis buah yang memiliki nutrisi banyak sekali, nutrisi tersebut dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil sehingga janin tidak akan mengalami kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan cacat lahir. Untuk itu, ibu hamil sangat di sarankan untuk mengonsumsi buah alpukat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin. Hali ini dapat bermanfaat dalam melidungi janin dalam kandungan.
Oleh karena kandungan nutrisi yang baik maka buah alpukat sangat baik manfaatnya untuk diet, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan.

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi buah alpukat atau meminum jus alpukat setiap pagi dapat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, namun sebaiknya di konsumsi setelah sarapan terlebih dahulu. Di dalam kandungan buah alpukat terdapat kandungan asam polat yang sangat tinggi, kandungan zat tersebut dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang sang bayi serta mencegah bayi cacat saat lahir.
Kandungan asam polat atau vitamin B9 adalah bagian dari vitamin yang ada dalam vitamin B kompleks, jenis vitamin tersebut dapat larut dalam air sehingga kandungan vitamin tersebt tidak dapat tersimpan lama dalam tubuh. maka dari itu, bagi ibu hamil meski banyak-banyak mngkonsumsi buah alpukat setiap hari agar dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan DNA dan RNA yang dibutuhkan tubuh bagi ibu hamil.
Para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah alpukat banyak sekali manfaatnya bagi ibu hamil, karena didalam buah alpukat kandungan asam polatnya lebih tinggi dari kandungan asam polat pada jenis buah dan sayuran lain. Selain itu buah alpukat memiliki rasa yang hambar dan tekstur yang lembut, namun perlu juga anda ketahui bahwa buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Untuk itu anda tak perlu khawatir mengkonsumsi buah alpukat, karena kandungan lemaknya tidak merugikan melainkan bermanfaat untuk kita dan ibu hamil.
Jadi manfaatnya adalah:
  1. Bagi wanita hamil yang keadaan kulitnya menjadi sensitif karena perubahan hormon, dengan alpukat yang satu ini dapat sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil.
  2. Zat anti aging juga terkandung dalam buah alpukat yang dapat mencegah penuaan dini. Hal yang ditakutkan ibu hamil seralah melahirkan.
  3. Kandungan buah alpukat dengan berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan kulit dalam pembentukkan jaringan kolagen, dan juga kandungan berbagai zat dan vitamin didalamnya seperti, zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, dan C, dan juga vitamin B kompleks, dan E.
  4. Sebagai pencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang dikandung. Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Resiko ini akan segera dihambat oleh Asam Folat yang terkandung dalam buah alpukat.
  5. Nutrisi penting yang juga terkandung dalam jutaan manfaat buah alpukat dan penting untuk ibu hamil dan janin agar tetap sehat dan terhindar dari cacat fisik juga terkandung dalam buah alpukat, yaitu asam Folat.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html