Pasar

Pasar

Download Ebook Terjemahan Kitab Shahih Muslim Lengkap

 Setelah kitab hadits Shahih Bukhari, Kitab Shahih Muslim (Al-Jami’) merupakan kitab hadits kedua yang menjadi rujukan utama kaum muslimin di berbagai penjuru dunia. 

Disusun oleh Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Naisaburi atau yang lebih dikenal Imam Muslim (202-261 hijriah). Imam Muslim sejatinya adalah sahabat sekaligus murid dari Imam Al Bukhari, penyusun kitab hadits Shahih Bukhari.

Kedudukan kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim di kalangan umat muslim adalah yang tertinggi di antara kitab-kitab hadits yang ada. Karena itu, kedua kitab hadits ini dikenal dengan sebutan ash-Shahihain (Dua Kitab Shahih rujukan utama).

Terdapat perbedaan mengenai jumlah hadits dalam Shahih Muslim. Ini karena aslinya Imam Muslim tidak memberikan nomor pada hadits-hadits yang dikumpulkannya. Penomoran baru diberi kemudian oleh para ulama yang mentahqiq (meneliti, mengoreksi, menyunting) Shahih Muslim.

Berdasarkan penomoran al-Alamiyah, terdapat seluruhnya 5362 hadits dalam kitab Shahih Muslim. Penomoran ini didasarkan pada sanad hadits, dimana setiap sanad dihitung satu hadits.

Sedangkan menurut penomoran Abdul Baqi, yang mentahqiq berdasarkan kesamaan isi hadits, Shahih Muslim seluruhnya memuat 3033 hadits. Ia menghitung setiap hadits yang serupa sebagai satu hadits, meskipun hadits-hadits tersebut mempunyai beberapa sanad.

Bagi pembaca yang ingin mendownload Shahih Muslim dalam teks Arab terjemahan bahasa Indonesia, berikut ini disertakan link-nya dalam format PDF.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html